Apa Perbedaan NTFS Dan FAT32 ? Berikut Penjelasannya

Bagi Anda pengguna komputer, mengutak-atik file yang terpata pada Windows tentu menjadi sebuah kegiatan yang sering sekali kan dilakukan. Utamanya jika pada suatu watu anda ingin melakukan format file baik itu hard disk, memory  pada card windows dan lainya tak jarang Anda bingung kan memilih metode  NTFS dan FAT32 untuk proses format. Lalu apa sih Perbedaan NTFS Dan FAT32?

 

Perbedaan NTFS Dan FAT32

Nah, bagi Anda nih yang masih kebingungan apa yang membedakan antara NTFS dan juga FTAT32? Dari pada penasaran mari simak ulasan berikut ya!

 

Kompatibilitas NTFS dan FAT32

Pada sebuah komputer, keberadaan sistem operasi sangat  penting sekali keberadaanya. Nah, jika anda menggunakan FAT32 untuk melakukan format file maka, sistem ini memilki kelebihan karena terbilang kompatibilitas di hampir semua OS diantaranya pada Mac OS X, Windows 8, Linux, Unix, FreeBSD dan lainya.

Dengan kelebihan tersebut ,maka memungkinkan media penyimpanan yang terdapat pada FAT32 ini mampu terbaca pada OS yang berbeda ya. Sedangkan pada NTFS ternyata tidak  sepenuhnya mendukung pada  kebanyakan Mac OS X dan sistem Windows terbaru . misalnya saja NTFS ini tidak mendukung secara penuh pada Windows NT 3.1 dan Windows XP hingga Windows yang terbaru.

Pada Mac OS X,  informasi yang didapat dari NTFS  tersebut dapat terbaca namun tidak Mac OS X tidak mampu menumils data ke NTFS sehingga dalam hal ini kehadiran software khususn diperkukan misalnya seperti Paragon NTFS for Mac. Namun jangan khawatir dahulu, karena pasalnya sistem operasi seperti Linux dan Windows sudah kompatitabel dengan NTFS ini.

 

Ukuran Maksimum Per-File

Perbedaan NTFS Dan FAT32 juga terletak pada ukuran maksimum file yang dapat  digunakan ya. Jika Anda menggunakan sistem NTFS untuk memasukan sebuah file baik itu dengan ukuran file yang besar sekalipun, NTFS sangat mendukung sekali.

Pasalnya sistem NTFS ini dapat digunakan untuk memasukkan file  dengna ukuran maksimum per file yaitu sebesar 16Exabyte atau setara dengan 16 miliar GB. Jadi, sistem ini terbilang leluasa sekali memberikan ruang file yang Anda milki ya.

Sedangkan jika Anda menggunakan FAT32, maka ukuran file maksimum per-file nya yang dapat dimasukkan yaitu hanya sebesar 4GB saja. dengan hal ini, maka Anda tak bisa ya memasukkan file dengan ukuran yang terlalu besar. Jika Anda paksakan pun maka sistem FAT32 akan menolak dengan muncul dialog File too large. Jadi, Anda perlu memecah file tersebut terlebih dahulu ya.

 

Ukuran Cluster

Perlu Anda ketahui, pada file sistem FAT32 ini memiliki cluster dengan ukuran yaitu sebesar 32KB. Jadi, jika Anda menyimpan sebuah file dengan ukuran yang lebih kecilpun misalnya 3KB mana sistem FAT32 akan tetap menyimpanya dengan ukuran 32 KB. Hal ini tentu saja kurang menguntungkan dimana ruang penyimpanan yang Anda miliki akan terkuran dengan cepat.

Sedangkan pada  file sistem NTFS, cluster yang dimilki berukuran lebih kecil yaitu 4KB saja ya. dengan ukuran cluster yang kecil tersebut, tentu akan menguntungkan bagi Anda ingin menghemat ruang penyimpanan pada sistem yang dimiliki. Selain itu, Anda juga akan lebih leluasa untuk menyimpan lebih banyak file lagi.

 

Baca Juga : Cara Mudah Partisi Hardisk di Windows 7/8/10

 

Jadi jelas kan  Perbedaan NTFS Dan FAT32 ini? Anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih menggunakan sistem tersebut. Pastikan dalam pemilihan memperhitungkan kebutuhan. Masing-masing kelebihan dan kekurangan dari keduanya juga penting pastinya untuk diperhitungkan.

Leave a Reply