Perbedaan RAM Dan ROM Yang Penting Untuk Diketahui

Bagi pengguna Gadget tentunya sudah biasa mengenal  RAM dan ROM.  Keduanya merupakan perangkat lunak penyimpan Memory internal. Walau demikian ada perbedaan ROM dan RAM yang wajib diketahui.

 

Pengertian RAM

RAM (Random Access Memory)  merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh gafget untuk menyimpan memory pada saat aplikasi dibuka atau pada saat gadget pada posisi menyala.  Kapasitas RAM pada saat digunakan mendukung aplikasi yang dibuka, semakin banyak aplikasi yang dibuka, semakin besar pula kapasitas RAM tersebut.

Pengertian lain dari RAM adalah Kapasitas memory pada sistem perangkat lunak, dengan data yang bisa dirubah pada saat akan menggunakannya, pada saat gadget tersebut aktif dalam keadaan menyala.

 

Pengertian ROM

ROM ( Read Only Memory,) merupakan perangkat lunak yang di gadget, sejenis memory yang digunakan untuk membaca data saja. Memory ini membaca data pada pada aplikasi saat komputer atau gadget mati

ROM juga berfungsi untuk menyimpan beberapa data tanpa harus mengubahnya. Semakin besar ROM semakin besar pula aplikasi yang dapat di instal, anda dapat menggunakan memory external.  Memory external digunakan untuk mendampingi kinerja ROM saat membaca data dan memory tidak mencukupi.

 

Perbedaan RAM dan ROM

Dari penjelasan di atas, tentunya dapat ditarik kesimpulan mengenai perbedaan ROM dan RAM. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut.

1. Kemanan

Data yang terdapat pada ROM tidak mudah hilang. Data yang disimpan tidak perlu menggunakan listrik yang terdapat pada gadget tersebut. Karena data di RAM menggunakan listrik atau battery yang full maka data yang disimpan mudah hilang.

2. Penggunaan Data

Data yang digunakan pada RAM mudah untuk diisi dan dirubah berbeda dengan ROM yang hanya membaca data saja tidak untuk merubah dan mengisinya.

3. Kategori dari penyimpanan data

Data yang bersifat pada ROM tidak memerlukan daya sehingga tidak mudah hilang. Berbeda dengan RAM yang memerlukan daya untuk menyimpan data sehingga data mudah hilang.

4. Kapasitas

Kapasitas yang digunakan menggunakan satuan Gigabyte, pada RAM. Sementara kapasitas pada ROM menggunakan satuan  Megabyte yang lebih kecil dari RAM. RAM juga berpengaruh pada kecepatan gadget dalam membaca data. Contohnya adalah penggunaan BIOS komputer. Chip dari PROM digunakan pada saat gadget pertama kali dinyalakan.

5. Media

Media yang digunakan pada RAM difungsikan untuk bisa menjalankan program. Program yang dijalankan meliputi saat aktivitas berselancar di dunia maya, penggunaan media sosial. Sementara untuk ROM sendiri memiliki jenis yang menggunakan kapasitas penyimpanan pada gadget serta terus memperbaiki kinerjanya.

6. Jenis

Terdapat dua jenis RAM dan 3 jenis ROM. Jenis RAM yaitu Static RAM and Dynamic RAM. Sementara  ROM terdapat 3  jenis yaitu PROM ( programable read only memory) , EPROM (Erasable Programable Memory) dan EEPROM ( Electrically Erasable  Programable Read Only Memory).

7. Fungsi

ROM berfungsi penyimpanan data internal yang memungkinkan untuk menjalankan sistem operasi serta sistem lainnya yang terdapat pada gadget anda.  Sementara RAM berfungsi untuk menyimpan data yang dapat diakses, dirubah dan diperbaharui. Kecepatan RAM menampilkan data lebih cepat dibandingkan ROM.

 

Baca Juga : Macam-Macam Hardware dan Fungsinya Pada Komputer

 

Itulah beberapa perbedaan ROM dan RAM yang wajib diketahui. Artikel ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi mereka yang ingin memilih gadget terbaru. Banyaknya pilihan gadget dapat membuat kebingungan orang awam, berbagai memory yang ditawarkan menjadi pertimbangan saat membeli gadget. Sayangnya tidak semua tahu akan jenis memory itu sendiri.

Leave a Reply