Mengenal Sejarah Google Dan Perkembangannya

Siapa yang tidak tahu google? Anda dan seluruh orang yang mengenal internet pasti mengetahuinya. Bahkan beberapa orang pasti mengira google lah yang menyediakan internet ini. Meskipun tidak demikian, namun anggapan itu tidak mengherankan mengingat google saat ini memegang peranan sangat penting di internet. Namun tahukah Anda bagaimana sejarah Google bisa seperti sekarang.

 

Sejarah Pendiri dan Visi Google

Larry Page dengan Sergey Brin adalah dua pendiri Google. Pada awal pembuatannya mereka adalah dua orang mahasiswa Ph.D di Universitas Stanford. Di tahun 1995 mereka mengembangkan sebuah mesin pencari (Search Engine) bernama BackRub di server universitas. Idenya sederhana yaitu membuat peingkat berbagai macam web berdasakan jumlah backlink yang dimiliki.

Pada 1997, BackRub diubah namanya menjadi Googol. Googol sendiri merupakan dari istilah dalam matematika yang menunjukan angka 1 dan diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini melambangkan visi dari pendiri yang ingin memberikan informasi tak terbatas di internet.

 

Ditolak oleh Yahoo

Menjadi mahasiswa sambil mengembangkan Googol merupakan hal yang sangat sulit bagi Page dan Brin. Sehingga mereka sempat berpikir untuk menjualnya ke perusahaan siapapun yang mau membeil. Pada 1997, mereka mencoba menjualnya kepada Yahoo dan ternyata algoritma mereka ditolak. Penolakan itu mungkin akan disesali oleh Yahoo satu dekade setelahnya.

 

Menjadi Profesional dan Menjadi Google

Sejarah google baru benar-benar dimulai ketika pada 1998 mereka dipertemukan dengan Andy Bechtolsheim yang tertarik dengan Googlo setelah melihat demo dari mesin pencari ini. Bechtolsheim memberikan cek seratus ribu dollar kepada mereka untuk mengembangkannya.

Uniknya saat menulis cek nama Googol yang terdengar asing terjadi salah tulis dengan Google. Sejak saat itu mau tidak mau Page dan Brin menggunakan nama Google dan tidak pernah diganti.

Google Inc. resmi didirikan sebagai perusahaan swasta pada 4 September 1998. Dengan menggunakan suntikan dana dari Bechtolsheim, google memiliki kantor pertamanya yang sederhana. Garasi milik seorang teman di Menlo Park, California diubah menjadi kantor. Pada 1999, Google berpindah kantor di Palo Alto, dengan 8 orang karyawan.

 

Perkembangan Google

Pada pertengahan 1999, melesat menjadi sangat populer. Google harus mencari investor untuk membesarkan server mereka dan juga menginvestasikan ke aspek SDM.

Page dan Brin ingin agar mereka tetap dapat mengendalikan penuh Google sehingga mereka mencari investor baru yang mana mereka tetap memegang mayoritas voting stock. Para investor setuju namun mereka memberi syarat Larry harus turun dari CEO karena dianggap tidak berpengalaman. Page pun menyetujui dan mereka menunjuk Eric Schmidt, mantan CEO Novell.

Penunjukan Schmidt sangat tepat karena ia berhasil membawa Google menjadi perusahaan yang sangat besar dengan layanan yang terus berkembang. Google menyadari posisinya yang sentral di internet. Lantas mereka mengembangkan diri menjadi media periklanan yang sangat besar. Layanan Google Adword, Google Adsens menjadi sumber pendapatan yang luar biasa bagi mereka.

Google mengakuisisi berbagai perusahaan yang potensial membuat dirinya semakin membesar. Akibat strategi yang demikian sejarah Google hingga saat ini behasil menjadi yang paling bepengaruh di internet. Sekarang layanan mereka meliputi Google Maps, Google Street View, Google Earth, Google Books, Gmail, Google Drive, Google Doc, Google Chrome, Youtube, Google Analitycs, dll.

Google bahkan mengembangkan sayap ke dunia Smartphone. Operating System Android adalah salah satu hasil pengembangan Google. Mereka juga mengembangkan ke bisnis lain seperti mobil.

 

Larry Page Menjadi CEO

Schmidt merasa harus mengakhiri kepemimpinannya di Google tahun 2011. Sejak saat itu Larry Page kembali menjadi CEO dan Schmidt menjadi Chairman Google.

Bisnisnya yang semakin luas pada tahun 2015, Page dan Sergey mendirikan perusahaan induk Google yang dinamakan sebagai Alphabet. Larry menjadi CEO dan Brin menjadi Presiden, Schmidt menjadi Executive Chairman. CEO Google dipercayakan pada Sundar Pichai.

 

Baca Juga : Sejarah Apple dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

 

Itulah sejarah google dan perkembangannya secara ringkas. Dapat menjadi inspirasi da pengetahuan bagi Anda.

Leave a Reply