Macam-Macam Sistem Operasi Smartphone Selain Android

Sistem Operasi Smartphone – Smartphone sudah menjadi teknologi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Smartphone membantu manusia untuk meringankan dan mempermudah pekerjaan sehari-hari. Dapat mengirim pesan secara cepat, teleponan, bahkan membantu untuk mengerjakan sesuatu yang sulit dengan adanya panduan-panduan di internet.

Didalam Smartphone terdapat Perangkat-perangkat penting untuk membantu jalannya proses kerja smartphone. Perangkat keras seperti display layar, kamera, baterai, dan sebagainya. Adapun peranggkat lunak seperti aplikasi, program, dan sistem operasi.

 

Sistem Operasi Smartphone

Sistem Operasi Smartphone

Pada artikel kali ini akan dipaparkan pembahasan tentang macam-macam dari sistem operasi yang ada di smartphone. Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan pengertian sistem operasi dan fungsinya. Berikut ini beberapa macam sistem operasi yang ada di smartphone hingga saat ini.

 

Sistem Operasi Android

Sistem Operasi Smartphone

Pasti anda sudah mengenali android, bahkan untuk orang awam pun pernah mendengar yang namanya android. Sistem operasi Android ini merupakan sistem operasi yang paling banyak dipakai oleh para pengguna dan pembuat smartphone. Banyak merek-merek smartphone terkenal seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan masih banyak lagi yang memiliki sistem operasi Android.

Sistem operasi yang memiliki logo robot hijau ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2004 oleh perusahaan Android Inc. dan pada tahun 2005 dibeli dan diakuisisi oleh perusahaan raksasa Google. Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan berbasis kernel linux.

Android merupakan sistem operasi open source yang dimana bisa digunakan secara gratis dan bebas digunakan oleh siapapun. Pengguna dan pembuat smartphone bisa merubah, memodifikasi, dan mendistribusikan ulang tanpa adanya peraturan dan lisensi.

Untuk versi-versi yang diluncurkan oleh android, menggunakan nama makanan manis seperti donut, marshmellow, orea, dan lainnya. Dengan penamaan Tersebut, versi yang diluncurkan android memiliki kesan yang unik dan tentunya mudah diingat.

 

Sistem Operasi iOS Apple

Sistem Operasi Smartphone

Sistem operasi yang hanya digunakan untuk smartphone buatan dari perusahaan Apple Inc. Seperti iPhone. Karena penggunaanya yang khusus, iOS merupakan sistem operasi yang tidak open source berbeda dengan android.

iOS diluncurkan pada tahun 2007 bersamaan dengan Apple iPhone oleh mendiang pendiri Apple Steve Jobs. Awalnya sistem operasi ini bernama iPhone OS dan berubah pada tahun 2010 menjadi iOS Apple.

Memiliki keamanan yang lebih ketat dibandingkan dengan sistem operasi Android. Ini membuat smartphone anda kebal akan terjangkitnya suatu virus. Tetapi iOS memiliki harga yang cukup mahal ketimbang Android.

 

Sistem operasi Windows Phone

Sistem Operasi Smartphone

Windows tidak hanya hadir sebagai sistem operasi yang ada di komputer saja. Windows hadir di buat untuk smartphone dengan nama windows phone. Sistem operasi ini merupakan buatan dari perusahaan besar Microsoft, dan masih dikembangkan hingga saat ini. Windows phone adalah pengganti dari sistem operasi sebelumnya yaitu windows mobile

Sama seperti iOS, Windows phone adalah sistem operasi yang tertutup atau close source. Pengguna dan pembuat smartphone tidak bisa asal menggunakannya. Dengan sistem operasi yang tertutup tersebut, windows phone memiliki keamanan yang cukup ketat.

 

Sistem operasi BlackBerry OS

Sistem operasi yang dibuat khusus untuk perangkat handphone Blackberry. Dibuat dan dikembangkan oleh Research in Motion (RIM). BlackBerry OS merupakan sistem operasi memiliki bahasa pemrograman menggunakan Java.

BlackBerry OS merupakan sistem operasi yang hemat baterai dibandingkan dengan sistem operasi yang lainnya. Tetapi untuk aplikasi dan fitur-fitur yang disediakan sedikit, tidak banyak seperti iOS ataupun Android.

 

Sistem operasi Firefox OS

Firefox OS adalah sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Mozilla. Merupakan sistem operasi yang baru diluncurkan, memiliki basis pemrograman Linux. Untuk sifatnya pun Open source atau gratis bisa dikembangkan dan didistribusikan kembali dengan leluasa.

Disamping sistem operasinya yang open source, Firefox OS masih jarang dikenal oleh masyarakat, dan untuk pemakaian pada smartphone juga masih terbilang sedikit.

 

Sistem operasi Symbian OS

Sebelum sistem operasi Android diluncurkan, Symbian OS merupakan sistem operasi yang paling banyak dipakai oleh pengguna handphone. Dikembangkan oleh perusahaan Symbian Ltd. Tetapi pada akhirnya dibeli oleh perusahaan besar Nokia.

Symbian OS banyak dipakai dan digunakan pada handphone Nokia. Selain Nokia adapula handphone merek lainnya seperti, Sony Ericsson, Samsung, Siemens, dan handphone terdahulu. Symbian OS merupakan sistem operasi open source, yang bisa anda gunakan secara bebas dan gratis.

Dengan hadirnya sistem operasi iOS dan Android, membuat Symbian ditinggali dan saat ini sudah jarang sekali smartphone yang menggunakan sistem operasi ini. Padahal untuk performa kerja Symbian OS ini cukup cepat dan tidak membutuhkan prosesor yang tinggi.

 

Sistem operasi Bada OS

Samsung pernah membuat sistem operasi bernama Bada yang hanya dikhususkan untuk smartphone Samsung. Bada merupakan sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan pada tahun 2009 berasal dari negara korea yang memiliki arti samudera dalam.

Sebelumnya Samsung menggunakan sistem operasi Android, Windows phone, dan Bada OS. Tetapi karena kalah saing dengan android, Samsung kini lebih memperkenalkan sistem operasi Android. Secara perlahan perkembangan dari Bada OS ini mulai dihentikan.

 

Sistem operasi Palm OS

Palm OS atau bisa juga disebut dengan garnet OS, merupakan sistem operasi mobile yang dibuat dan dikembangkan pada tahun 1996 oleh perusahaan Palm Inc. Palm OS dipakai pada berbagai macam perangkat mobile, seperti smartphone, jam tangan, dan perangkat mobile lainnya.

 

Baca Juga : 10 Macam-macam Sistem Operasi Untuk Komputer

 

Itulah pembahasan tentang macam-macam sistem operasi yang ada di smartphone. Untuk saat ini pemakaian sistem operasi untuk perangatsmartphone masih dirajai oleh Android. Karena untuk pengguna yang banyak, interface yang ditampilkan pun mudah untuk dipahami.

Leave a Reply