Software Edit Foto dan Desain Grafis Terbaik Untuk PC

Software Edit Foto dan Desain Grafis Terbaik Untuk PC – Software edit foto apa yang terbaik untuk PC, pasti Anda menjawab Photoshop. Memang Photoshop adalah Software edit foto terbaik sejuta umat untuk para editor foto, mau itu dari kalangan awam sampai kalangan profesional.

Tahkah anda bahwa untuk software-software edit foto tidak hanya Photoshop saja, banyak software edit foto yang tidak kalah bagus, dan memiliki kelebihan tersendiri. Biasanya para Designer/Fotografer professional tidak hanya menggunakan satu software untuk menunjang kebutuhan desainnya. Masing masing software memiliki kelebihan khusus dan kegunaannya. Nah, Berikut ini adalah beberapa referensi software edit foto terbaik yang bisa anda coba.

 

Adobe Photoshop

Software edit foto terbaik

Dari sekian banyak software edit foto terbaik maupun edit gambar, pasti yang paling banyak diunggulkan adalah Photoshop. Entah itu dari segi kegunaan, Interface pengeditan, dan Tool bantuan yang mudah digunakan. Photoshop adalah software edit grafis yang berkhusus pada manipulasi foto, Gradasi warna sederhana, dan pembuatan desain gambar.

Dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan ternama yaitu Adobe Systems dan rilis perdana secara komersial pada tahun 1990. Diciptakan oleh Thomas Knoll dan mulai dibuat pertama kali pada tahun 1987.

Memiliki File Format yaitu .PSD (Photoshop Document) dan bisa di Convert ke berbagai format seperti JPG, JPEG, PNG, TIFF, GIF, PDF, dan masih banyak lagi.

Dari tahun 1990 hingga sekarang, Adobe Photoshop memiliki banyak versi yang dikembangkan oleh Adobe Systems dan memiliki Update-Update dari tahun ke tahun. Versi pertama Adobe Photosho yaitu 1.0 dikhususkan untuk Macintosh OS, sampai pada versi 3.0 Photoshop bisa digunakan untuk Windows OS maupun Macintos OS. memiliki versi 8.0 (CS1) sampai 13.0 (CS6) yang dinamakan CS atau Creative Suite dan versi terbaru dari photoshop sampai sekarang dinamakan CC atau Creative Cloud.

 

CorelDraw

Software yang dikhusukan untuk pengeditan Vector atau Desain yang berbentuk 2 Dimensi. Biasa digunakan untuk pembuatan Desain gambar, Logo, ataupun sketsa gambar. Memiliki interface yang user frendly, cocok untuk pengguna awam maupun pengguna professional. Selain Interfacenya yang mudah dipahami, CoreDraw juga memiliki banyak Tools yang memiliki segudang kegunaan dan tentunya mudah untuk dipelajari.

CorelDraw dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan yang berada di Kanada yaitu Corel. Michel Bouilon dan Pat Boirnw adalah penggagas atau orang yang membuat CorelDraw pertama kali. CorelDraw rilis secara umum pada awal tahun 1989 dan dibuat khusus untuk Windows OS

Memiliki Format .CDR (CorelDraw), dan bisa kita convert kedalam format-format gambar lainnya seperti JPG, PNG, RAW, JPEG, dan masih banyak lagi. Banyak dukungan import/eksport format seperti .PSD (Photoshop), .AI (Adobe Illustrator), .DWG (AutoCad), ataupun .TIFF (Bitmap) dengan ini CorelDraw juga bisa membuka file dengan format tersebut.

Baca Juga: Perbedaan Bitmap Dan Vektor Dari Berbagai Sisi

 

Adobe Illustrator

Sama seperti Photoshop, Adobe Illustrator adalah buatan dari perusahaan Adobe Systems. Pertama dibuat pada tahun 1986, yang dimana diawal pengembangan software-nya, Adobe Illustrator adalah hanya dibuat sebagai pendamping atau pelengkap dari Adobe Photoshop. Seiring berjalan waktu Adobe Illustrator dikembang secara terpisah dan berdiri sendiri hingga sekarang.

Memiliki perbedaan signifikan dengan Photoshop yaitu Jika Photoshop adalah Software yang dikhususkan untuk pengeditan Foto dan manipulasi foto. Sedangkan Adobe Illustrator dikhusukan untuk desain berbasis vector yaitu desain grafis 2D. Biasa dipakai untuk pembuatan desain Brand Logo, Kartun, Sketsa gambar, dan desain 2D lainnya.

Adobe Illustrator ini rilis pertama kali untuk Macintos OS yaitu pada versi 1 tahun 1989. Memiliki banyak versi yaitu dari versi 1 sampai 10 (1989-2001), berlanjut pada versi series Creative Suite dari CS1 sampai CS6 (2003-2012). Dan yang versi paling terbaru adalah Creative Cloud (CC) dari tahun 2013 hingga sekarang.

 

PhotoScape

Software edit foto yang dikembangkan oleh Mooll Tech, korea. memiliki tampilan sederhana namun memiliki banyak fitur untuk kebutuhan pengeditan foto Anda. Fitur yang ada di PhotoScape bersifat instan dengan ini anda bisa mudah dalam edit foto.

Banyak sekali kegunaan dari PhotoScape ini seperti memutar, memotong, grading warna, mengubah ukuran foto, Membagi foto menjadi beberapa bagian. Dan anda juga bisa membuat animasi Gif dengan menumpuk gambar menjadi satu dan membuat animasi Gif dengan cara menampilkan Frame to Frame.

Photoscape bisa juga anda gunakan untuk Screen Capture tampilan layar PC anda dan menyimpannya. Anda juga disuguhkan banyak efek-efek unik dan bingkai-bingkai yang menarik dan dapat mempercanti tampilan foto. PhotoScape ini Anda bisa jalankan di sistem operasi Windows/Mac/Linux. Software ini termasuk FreeWare atau software gratis yang bisa Anda download di website resminya www.photoscape.org.

 

GIMP

Memiliki kepanjangan yaitu GNU Image Manipulation Program. Software edit foto Open Source bisa Anda download secara gratis. Software edit foto yang tidak kalah dengan software-software besar seperti Photoshop dan CorelDraw. Walaupun gratis, GIMP memiliki fitur-fitur yang tidak kalah banyak dengan yang lainnya.

Direkomendasikan untuk anda para Designer dan Fotografer. Dibuat dan dikembangkan oleh Spencer Kimball dan Petter Mattis. GIMP bisa anda gunakan untuk mengedit foto asli, membuat icon, dan bisa juga membuat desain antarmuka website. GIMP juga bisa mengekspor kedalam format gambar-gambar.

 

Paint

Software Edit Foto terbaik

Biasa disebut Microsoft Paint, ini adalah software edit foto bawaan dari Microsoft. Biasa digunakan untuk orang awam atau orang yang masih belum tahu banyak tentang teknik pengeditan foto. Interface yang mudah dipahami memudahkan pengguna untuk mempelajarinya. Paint merupakan software edit foro gratis yang membuat Paint banyak digunakan.

 

Adobe Lightroom

Software Edit Foto terbaik

Software edit foto yang khususkan untuk dunia Fotografi. Adobe Lightroom banyak digunakan oleh para fotografer untuk mempercantik foto mereka. Dengan adanya Permainan Contrast, Brightness, Pengaturan gelap terang, pengaturan HSL (Hue, Saturation, Luminance), dan masih banyak lagi.

Bedanya dengan Adobe Photohop yaitu Lightroom hanya digunakan untuk mengedit foto dengan memainkan efek warna dan pencahayaan yang memiliki banyak variasi.

 

Baca Juga : Tips Bermain Game Berat Di PC/Laptop Kentang

 

Itu adalah Software Edit Foto dan Desain Grafis Terbaik Untuk PC. Jadi gimana, Apakah Anda ingin mencoba Software edit foto terbaik diatas?

Leave a Reply