Tips Memilih Hosting Tepat Dengan Harga Bersahabat

Ketika membuat sebuah website, tentunya ada 2 komponen penting yang tidak boleh dilupakan yaitu domian dan hosting. Domain ada untuk mempermudah pengunjung web untuk menghafal alamat website. Sedangkan layanan hosting sendiri, dapat digambarkan sebagai rumah yang mampu menampung berbagai file di dalamnya. Oleh karenanya, anda harus berhati hati untuk memilihnya agar tidak menyesal kemudian. Bagaimana cara memilih hosting tepat ? Berikut adalah tips memilih hosting yang baik.

 

Pemilihan Domain Terbaik

Kedua komponen tersebut, tidak bisa dipisahkan antara komponen satu dengan yang lain. Sebab kedua komponen tersebut, saling terkait ketika membuat sebuah website. Dalam pemilihan domain, anda harus memastikan bila domain tersebut harus menggambarkan brand milik anda. Dengan memberikan nama domain sesuai dengan brand, memudahkan pengunjung untuk menghafal domain milih anda.

Misalnya saja, anda menjalankan bisnis dalam bidang penjualan bibit tanaman. Oleh karenanya, anda bisa menggunakan domain seperti kedaibibit.co.id atau agenbibit.com, dan sebagainya. Rekomendasi domain tersebut nampaknya sudah tepat, lantaran mudah dihafal dan mudah dicari oleh pengunjung. Ada sedikit tips yang mungkin bisa anda terapkan, yaitu menghindari penggunaan tanda (-) pada domain.

 

Baca Juga : Apa itu Hosting? Berikut Penjelasan dan Jenisnya

 

Tips Memilih Hosting Yang Baik

Pemilihan hoting tidak bisa dilakukan sembarangan, karena akan berdampak langsung pada kelangsungan website yang anda miliki. Penyedia josting di tanah air, bisa ditemukan begitu melimpah. Setidaknya ada sekitar 100 lebih penyedia web hosting, jika ditotal dari penyedia hosting kecil hingga yang masuk kelas kakap. Semua penyedia web hosting tersebut, bisa ditemukan menyebar di tanah air.

Bagi para pemula, tentunya merasa kebingungan untuk memilih hosting tepat lantaran jumlahnya yang begitu banyak. Tidak hanya karena jumlahnya yang membludak, kebimbangan semakin kuat mengingat mereka awam akan dunia tersebut. Baru saja terjun, membuat mereka kurang memahami dan bagaimana mengukur hosting terbaik untuk digunakan. Oleh karenanya, mereka mambutuhkan pemandu agar menemukan hosting berkualitas.

 

Pilih Server Hosting Yang Tepat

Ketika ingin menggunakan hosting terbaik, tentu saja anda perlu melihat kualitas server hosting itu sendiri. Jangan sampai pilihan anda menjadi boomerang, lantaran hosting yang dipilih memiliki kualitas yang kurang memadai. Sebab kondisi tersebut, akan mempengaruhi bisnis yang sedang anda jalani. Berbagai faktor untuk menimbang, apakah hosting pilihan anda memilki kualitas unggulan.

 

Lokasi Server Hosting

Untuk mengetahui bagus tidaknya hosting, bisa dilihat dari lokasi servernya. Ada baiknya memilih hosting, yang letaknya berdekatan dengan negara dimana anda tinggal. Ketika membuka bisnis di negara Indonesia dengan target para warna negara tersebut, direkomendasikan untuk memilih server yang berlokasi dinegara itu pula.

 

Hardware Yang Digunakan Hosting

Selain lokasinya, anda juga perlu memperhatikan hardware yang digunakan dalam memilih hosting tepat. Hardware yang perlu diperhatikan terdiri dari processor, SSD atau HDD, serta RAM yang digunakan oleh hosting. Komponen tersebut perlu diperhatikan, sebab teknologi tersebut juga berpengaruh terhadap kinerja server hosting.

 

Pilih Hosting Dengan Harga Terbaik

Sebagai konsumen, anda tentu ingin mendapatkan harga terbaik ketika membeli suatu produk. Jika memungkinkan, konsumen bisa mendapatkan harga terbaik dengan kualitas unggulan. Oleh karenanya sudah bukan menjadi rahasia bila anda juga ingin mendapatkan hosting berkualitas, dengan harga yang tidak membuat dompet menjerit seketika. Lalu bagaimana mendapatkan histing terbaik ?

Sedikit tips memilih hosting terbaik, dengan memasukkan berbagai penyedia hosting yang memiliki hampir serupa beserta harganya. Masukkan daftar beberapa penyedia hosting tersebut ke dalam list, dan bandingkan antar hosting tersebut. Pilihlah yang menurut anda mampu memberikan harga terbaik, serta memiliki kualifikasi yang dirasa tidak jauh berbeda dengan yang diinginkan.

Meski demikian, perbandingan memilih hosting tepat harus dilakukan dengan teliti agar mendapatkan layanan hosting terbaik. Sebab, setiap orang memiliki kualifikasi berbeda dengan pilihan yang berbeda pula. Ada pula yang lebih memilih harga lebih tinggi, namun memberikan kuallitas unggulan terbaiknya. Namun ada pula yang lebih memilih harga jongkok, namun kualitasnya tidak jauh berbeda bagusnya.

 

Cek Waktu Uptime Hosting

Sebagai konsumen pintar, anda juga perlu mengetahui garansi uptime yang ditawarkan penyedia hosting. Garansi uptime menjadi persentasi waktu yang terus berjalan ketika hosting dalam kondisi aktif. Ada alasan tersendiri kenapa anda harus mengetahui persentasi uptime hosting, yaitu persentase uptime rendah memungkinkan hosting lebih sering mati. Bayangkan saja bila hosting seringkali didapati dalam kondisi mati, maka website anda akan ikut berdampak.

Dampak yang paling terasa ketika persentase uptime rendah, yaitu website anda menjadi sulit diakses dalam beberapa waktu. Kondisi tersebut sungguh menjengkelkan, ketika pengunjung mendatangi website anda. Kondisi seperti ini tidak bisa ditoleransi, lantaran mendatangkan kerugian. Memilih hosting tepat, bisa meningkatkan tingkat kepuasan pengunjung website.

 

Baca Juga : Tips Jitu Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

 

Sebelum memilih penyedia hosting terbaik, ada kalanya anda mengikuti tips memilih hosting diatas agar tidak salah pilih. Dengan memilih hosting terbaik, mampu mengembangkan masa depan website anda. Berbagai aspek perlu diperhatikan, sebelum memutuskan layanan hosting pada salah satu provider pilhan. Anda juga bisa memilih penyedia hosting, yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Leave a Reply